Bagusan Oppo atau Vivo? Simak Perbedaan Keduanya

Berbicara tentang hp, tentu saja kita harus tau terlebih dahulu kebutuhan seperti apa yang kita inginkan. Ada banyak faktor yang membuat kita ingin membeli handphone baru misalnya: hp yang lama sudah rusak, atau saya yang lama telah mengalami kerusakan.

Tentunya, sebelum membeli smartphone baru kita harus mengerti kualitas dan spesifikasi hp yang akan kita beli. Ada beberapa brand terkenal yang bisa kamu pilih untuk membelinya. Salah satunya brand Oppo dan Vivo.

Singkatnya, jika kamu memang sudah memutuskan akan membeli hp Oppo atau Vivo simak artikel ini terlebih dahulu sebelum kamu membelinya. Karena kedua brand ini memang lagi naik daun di pasar elekronik khususnya di negara Indonesia.

Agar kita tidak keliru, maka kami akan membahasnya satu persatu. Karena beberapa pertanyaan akan muncul seperti bagusan Oppo atau Vivo? atau seperti pertanyaan apakah perbedaan antara hp Oppo dan Vivo?. Oleh karena itu, kami ingin mengedukasi kamu biar kamu tidak bingung memilih hp yang mana. Kami akan membahasnya dari berbagai aspek dan tidak akan mendominasi antara satu dengan yang lain supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Sekilas tentang Oppo

OPPO adalah salah satu merek smartphone terkemuka di dunia, yang mengkhususkan diri pada ponsel kamera berkualitas tinggi dan teknologi fotografi seluler canggih yang digunakan oleh lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia. Saat ini Oppo telah merancang kerangka identitas merek baru untuk OPPO yang memperkenalkan logo dan monogram yang diperbarui dan membantu merek berkembang seiring dengan perluasan jangkauannya di pasar baru dan pasar yang sudah ada. Program ini mencakup sistem warna yang telah diperluas dan sistem tata letak visual, serta debut jenis font khusus yaitu OPPO Sans, yang dirender dalam huruf Cina, Sirilik, dan Latin. Pembaruan visual berkisar dari perubahan dinamis hingga pengoptimalan halus, dan bertepatan dengan peluncuran seri Reno baru OPPO .

Didirikan pada tahun 2004 dan berbasis di Cina, OPPO adalah merek pertama yang menawarkan smartphone dengan kamera depan 5MP (mega-piksel) dan 16MP. Bersama dengan inovasi lain dalam kategori tersebut, dan terus menarik target audiens anak muda yang populer. Dengan ponsel kamera berkualitas tinggi seperti F11 Pro yang tangguh dan F1 Selfie Expert yang sempurna untuk gambar. Pada tahun 2018, OPPO menduduki peringkat kelima merek smartphone terbesar secara global, memimpin pasar domestik Cina dan dengan kehadiran yang berkembang di India, Asia Tenggara, Afrika, Australia dan Eropa.

Seklilas tentang Vivo

Vivo adalah produsen smartphone multinasional Cina yang memiliki kantor pusat di Dongguan, provinsi Guangdong, Cina. Didirikan pada tahun 1995, Vivo memasuki industri telekomunikasi dan elektronik konsumen dengan telepon rumah dan telepon nirkabel. Sejak 2011, Vivo memulai bisnis smartphone-nya. Pada tahun 2014, Vivo merilis dan memasarkan smartphone-nya di bawah merek Vivo. Vivo berhasil menempati peringkat ke-5 merek smartphone teratas di China, dan merek smartphone teratas ke-10 secara global.

Pada tahun 2014, Vivo menjual 25 juta unit di Cina daratan. Kemudian pada tahun 2015, volume penjualan mencapai 45 juta unit di seluruh dunia dengan harga eceran rata-rata $300. Kapasitas produksi tahunan adalah 60 juta unit. Vivo sekarang berada di antara lima merek smartphone paling menguntungkan di China maupaun dunia.

Saat ini 20.000 operator bekerja di Vivo, dan 3.000 insinyur berada di empat pusat R&D di Dongguan, Shenzhen, Nanjing, dan Chongqing. Dari desain dan manufaktur perangkat keras, hingga pengembangan perangkat lunak (Funtouch OS berbasis Android), Vivo telah membangun ekosistem yang lengkap dan berkelanjutan.

Kelebihan HP Oppo

‘Selfie expert’. ‘Flaunt it your way’. ‘It’s your turn’. Ini adalah beberapa tagline yang dibuat Oppo untuk memasarkan beberapa model smartphone-nya. Pandangan sekilas pada tagline akan memperjelas bahwa merek tersebut tidak berbicara dengan orang berusia 40-an. Sejak Oppo memasuki arena smartphone Indonesia, merek tersebut telah berfokus pada satu kelompok khususnya yaitu orang dewasa muda. Para remaja, mereka yang berusia 20-an dan awal 30-an. Generasi millennial dan Gen Z selalu menjadi target audiens Oppo. Pandangan sekilas pada tagline akan membuat sesuatu yang lain cukup jelas. Merek ini mempromosikan ponselnya terutama kekuatan pada kameranya. Mereka akan menjamin smartphone Oppo menjadi ponsel kamera terbaik dengan harga yang ekonomis.

Pabrikan smartphone Cina tahu bahwa akan sia-sia untuk terlibat dalam perang harga dengan orang-orang seperti Xiaomi dan Realme, jika dilihat berdasarkan fitur dan spesifikasi ponsel. Sebaliknya, Oppo telah berhasil menarik pasar dari market dengan menawarkan hp dengan fitur kamera bintang lima untuk setiap harga yang berbeda-beda.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa Oppo menjadi favorit di kalangan anak muda. Mari kita pelajari lebih lanjut alasannya, dan lihat mengapa orang dewasa dan muda lebih suka membeli ponsel Oppo daripada merek lain.

Menguasai inovasi

Aman untuk mengatakan bahwa OEM Cina mengubah lanskap smartphone saat mereka memasuki pasar Indonesia. Mereka melakukan ini dengan berbagai cara, tetapi mungkin, alasan terpenting adalah kemampuan mereka untuk berinovasi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kegemaran mereka akan inovasi, dan mengintegrasikan teknologi terbaru dalam model smartphone memungkinkan mereka untuk menawarkan smartphone dengan fitur yang lebih baik daripada rival mereka di Indonesia.

Oppo telah mengambil rute yang sama, dan selama bertahun-tahun, merek tersebut telah menawarkan banyak inovasi pertama di industri. Hal ini mengakibatkan HP Oppo menjadi hp model terbaik dengan fitur luar biasa. Kemampuan branding untuk menawarkan model yang luar biasa dengan harga yang ramah di kantong telah menjadikannya merek pilihan untuk anak muda.

Target pemasaran

Kampanye Oppo Bright Side of the Night bergema dengan orang dewasa muda tidak seperti kampanye lainnya oleh merek smartphone di negara ini. Oppo ingin merebut bola mata, dan berhasil melakukan hal itu. Jika Anda ingin benar-benar memahami manfaat pemasaran target, mungkin tidak ada studi kasus yang lebih baik daripada Oppo.

Selain itu, merek ponsel cerdas tidak bertele-tele dalam hal mengirimkan pesannya kepada audiens targetnya. Oppo juga mendukung klaimnya, yang merupakan alasan lain mengapa orang dewasa muda di tanah air memuja merek tersebut.

Desain premium

Jika audiens target kamu berusia 20-an tahun, maka kamu harus menawarkan smartphone yang chic, bergaya, dan elegan. Bagaimanapun, anak-anak muda sangat bangga dengan penampilan hp, dan tidak hanya dalam hal fungsinya. Oppo telah mempelajari basis pelanggannya dan tahu persis apa yang mereka inginkan.

Mari kita ambil contoh smartphone Oppo A53. Perangkat ini tidak berharga lebih dari Rp.2,5jt, tetapi hadir dengan Desain Gelombang Iridescent 3D, dan bodi melengkung terintegrasi, yang membuatnya terlihat sangat elegan dan bergaya. Ada saat ketika kamu harus membeli perangkat unggulan untuk memamerkan desain premium. Namun, smartphone Oppo tetap ramah di kantong tetapi memancarkan pesona dan keanggunan, sesuatu yang pasti diinginkan anak muda saat ini.

Kamera terbaik di kelasnya

Akhirnya, kita sampai pada bagian-de-resistance Oppo, yaitu kameranya. Smartphone Oppo memiliki kamera terbaik di kelasnya, dan merek tersebut mengoptimalkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memastikan bahwa pengguna mengklik foto yang luar biasa, bahkan jika ponsel hanya dilengkapi dengan satu atau dua kamera di bagian belakang. Ponsel Oppo menggunakan segudang mode pemotretan dan filter, yang, dan sekali lagi adalah sesuatu yang dibutuhkan orang dewasa muda.

Fitur luar biasa

Ponsel Oppo hadir dengan fitur terbaik di kelasnya. Faktanya, merek tersebut sering berada di depan kurva statistik dan menawarkan fitur-fitur baru yang menjadi tren.

Menetapkan standar dalam hal fotografi

Kami telah berbicara tentang ponsel kamera Oppo, tetapi merek tersebut juga menawarkan fitur yang belum pernah dilihat sebelumnya dengan kameranya. Misalnya, beberapa tahun yang lalu, Oppo menawarkan ponsel dengan kamera siluman, sementara itu juga merupakan salah satu merek pertama yang memanfaatkan teknologi AI yang disempurnakan.

Teknologi Cahaya Terstruktur 3D

Oppo Find X adalah model yang inovatif karena berbagai alasan, tetapi mungkin yang paling penting adalah penggunaan Teknologi Cahaya Terstruktur 3D untuk pengenalan wajah. Merek ini melampaui pesaingnya dalam hal kecerdikan teknologi dan menggunakan Teknologi Cahaya Terstruktur 3D untuk menawarkan keamanan yang lebih baik, dibandingkan dengan sensor sidik jari yang digunakan oleh merek lain.

HP Oppo Harga Bersahabat

Indonesia adalah tempat yang sangat indah dengan berbagai budaya, tradisi, dan yang lebih penting, status kekayaan. Ketika berbicara tentang kaum muda, ada yang kaya dan mampu membeli perangkat kelas atas, sementara yang lain mencari opsi yang hemat anggaran.

Kelebihan HP Vivo

Sejak peluncuran pertama mereka, ponsel Vivo telah membuat tanda yang luar biasa pada pembeli di Indonesia. Alasan mengapa ponsel ini sukses adalah karena harganya yang terjangkau dan spesifikasi kelas atas. Bila kamu mencari model yang canggih dan murah, Vivo menyediakan segalanya untuk kamu. Artinya, kamu dapat dengan mudah menemukan ponsel Vivo di bawah Rp 2jt jika kamu terkendala anggaran dengan desain yang menarik dan fitur yang hebat.

Mengingat begitu banyak alasan untuk membeli hp Vivo, berinvestasi di dalamnya pasti akan memberi kamu layanan bernilai uang. Hal terbaik dari setiap ponsel yang berasal dari Vivo adalah adanya jaminan fitur yang luar biasa dan kualitas terbaik. Ponsel Vivo tidak pernah gagal memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna.

Spesifikasi handal

Jika kamu melihat kategori hp murah dari Vivo, kamu akan melihat bahwa hampir semua perangkat hadir dengan spesifikasi yang luar biasa. Baik itu kamera atau penyimpanan internal, hp Vivo yang memiliki harga di bawah 2juta dikemas dengan banyak fitur menarik dan berguna. Saat ini, kamu juga dapat menemukan handphone yang hadir dengan konektivitas 5G, fitur yang pernah tersedia di model terbaru. Jika kamu mendapatkan semua spesifikasi dan fitur yang diperlukan dalam ponsel dari Vivo maka itu menjadi layak untuk dibeli.

Harga terjangkau

Salah satu faktor terbesar untuk membeli ponsel Vivo adalah harganya yang terjangkau. Namun, meskipun harganya murah, fitur yang yang dapatkan di ho Vivo benar-benar luar biasa. Keterjangkauan smartphone merupakan indikator bagaimana merek terpercaya dalam memberikan kepuasan pelanggan yang sangat baik. Saat ini, pelanggan mencari ponsel yang menyediakan fitur luar biasa dengan harga yang ramah kantong. Di sinilah Vivo menarik perhatian pembeli.

Banyak pilihan

Kamu akan melihat ada berbagai perangkat untuk kamu pilih. Sebagian besar ponsel ini memberi kamu pengalaman pengguna yang tak tertandingi pada titik harga mereka. Kamu memiliki kebebasan untuk membandingkan dua model dan memilih salah satu yang memenuhi anggaran dan persyaratan kamu. Bahkan jika kamu mencari hp Vivo dalam kategori anggaran saja, ada begitu banyak pilihan sebelum kamu.

Desain dan tampilan yang elegan

Fitur hebat dan desain luar biasa selalu menjadi ciri khas smartphone Vivo. Dengan setiap rilisnya, pengguna dapat berharap untuk mengalami sesuatu yang baru dan sesuatu yang berbeda. Baik kamu mencari perangkat dengan hasil akhir glossy atau matte, kamu pasti akan menemukan perangkat yang sesuai dengan preferensi kamu sendiri. HP Vivo selalu memiliki prosesor yang kuat dan penyimpanan internal yang besar untuk memastikan pengguna memiliki pengalaman yang lancar dalam menggunakan perangkat. Namun, desain ponsel adalah sesuatu yang lebih sering membuat pembeli tertarik.

Ponsel 5G termurah

Beberapa perusahaan smartphone membawa perangkat yang kompatibel 5G ke Indonesia dengan harga yang berbeda. Namun, Vivo adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang membawa perangkat dalam kategori terjangkau. Jadi, jika kamu mencari perangkat 5G yang lebih murah namun efisien, maka melihat ponsel Vivo akan membantu. Di sebagian kecil dari biaya perangkat yang mahal, dengan Vivo, kamu mendapatkan hp dengan konektivitas 5G dan 4G yang sangat baik, desain hebat, fitur sempurna, dan banyak lagi.

Kamera canggih

Smartphone Vivo juga terkenal dengan kualitas kameranya. Ini juga salah satu alasan mengapa pengguna berbondong-bondong untuk membeli perangkat ini segera setelah dirilis di pasar. Bahkan untuk sekelas hp Vivo 2jutaan sekalipun akan hadir dengan kamera yang bernilai tinggi dengan fitur menarik dan bermanfaat. Vivo memahami bahwa pengguna ponsel mencari kualitas kamera saat membeli ponsel. Semua fitur yang dibawa ponsel modern dalam pengaturan kameranya, seperti lensa sudut ultra lebar, lensa telefoto, dan lain-lain dapat dilihat di ponsel Vivo yang menjadikannya istimewa dan bernilai uang.

Kekuatan pemrosesan yang baik

Ponsel Vivo selalu dengan prosesor yang kuat untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang bebas lag dan lancar setiap kali mereka menggunakan perangkat. Bahkan ponsel Vivo dalam kategori hp murah hadir dengan prosesor canggih, kamera terbaik, dan cadangan baterai yang sangat baik. Kombinasi dari RAM besar dan kekuatan pemrosesan yang sangat baik dari sebuah smartphone adalah apa yang meningkatkan pengalaman pengguna.

Perbedaan HP Oppo dan Vivo bila dilihat dari kelebihannya

Setalah kamu mengetahui kelebihan dari masing-masing merk ini. Mungkin sebagian besar dari kita tidak melihat perbedaan secara signifikan. Hanya saja mungkin perbedaannya hanya pada segment pasar mereka sendiri. Kamu dapat menyimpulkan bahwa hp ini memiliki fitur yang sama-sama bagus dan kalau dari segi harganya juga tidak jauh berbeda, hanya saja Vivo agak sedikit lebih mahal dibandingkan Oppo. Sekarang, kamu dapat menyimpulkan mana yang paling bagus? Oppo atau Vivo?.

Untuk menyimpulkan mana yang terbaik, sepertinya belum fair jika kita tidak menghadirkan masalah dan kekurangan hp Oppo dan Vivo.

Kekurangan HP Oppo

HP Oppo terlalu mahal

Ada beberapa cara untuk memasarkan suatu produk. Jika suatu produk memiliki kualitas yang sangat baik, konsumen tidak hanya akan membeli tetapi juga merekomendasikannya kepada teman dan keluarga. Ini disebut pemasaran dari mulut ke mulut. Pabrikan mobil listrik Tesla mengikuti prinsip ini. Namun terkadang sebuah perusahaan membutuhkan beberapa iklan untuk meningkatkan kesadaran merek. Itu sebabnya setiap perusahaan mengiklankan produk mereka. Namun, ada cara lain untuk mempromosikan produk berkualitas rendah, yaitu iklan yang gencar.

Oppo lebih mengiklankan ponselnya. Ada lelucon bahwa 70% dari bumi ini adalah air, dan sisanya adalah iklan Oppo. Oppo juga banyak mensponsori berbagai program dan mempekerjakan banyak selebriti sebagai brand ambassador.

Selain itu, Oppo memberikan komisi yang sangat tinggi kepada penjual ritel (hingga 30%) dibandingkan dengan produsen ponsel lainnya. Jadi, penjual memiliki kepentingan dalam menjual ponsel Oppo ini karena mereka mendapat untung lebih banyak dengan menjualnya.

Semua hal di atas tentang iklan besar-besaran, sponsor, dan komisi ritel membutuhkan banyak uang. Uang ini harus datang dari suatu tempat. Jadi, Oppo menaikkan harga harga berkualitas rendah untuk menutup semua biaya ini. Itu sebabnya hp oppo lebih mahal.

Oppo memiliki spesifikasi yang lebih rendah

Ponsel Oppo memiliki spesifikasi ponsel yang pas-pasan dibandingkan dengan harganya. Dengan uang yang sama, kamu dapat membeli ponsel dengan spesifikasi lebih tinggi, atau menghemat banyak uang jika kamu membeli handphone dengan spesifikasi yang sama dari perusahaan lain.

Oppo sering menggunakan prosesor MediaTek yang sudah ketinggalan zaman. Prosesor MediaTek dikenal dengan kualitas yang buruk. Setelah beberapa tahun, karena kinerja yang buruk, prosesor ini akan membuat ponsel menjadi sangat lamban dan lambat.

Oppo agak mirip iPhone

Oppo secara rutin menyalin semua yang ada di iPhone. Mereka mengambil OS Android dari Google dan memodifikasi UX untuk memberikan tampilan iPhone. Namun, mereka selalu mengabaikan satu aspek kunci pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak untuk kinerja yang lebih baik.

Kamera Megapiksel

Oppo terkenal karena mendorong kamera megapiksel tinggi di ponsel mereka. Namun hanya megapixel saja bukanlah segalanya. Megapiksel yang lebih tinggi tidak berarti kamera lebih baik dari kamera megapiksel rendah lainnya. IPhone dapat mengambil gambar yang lebih baik dengan kamera 10 MP daripada kamera Oppos 48 MP. Ada banyak faktor kamera yang berbeda, seperti apertur, kecepatan rana, ukuran piksel, dan ISO, yang menentukan kualitas gambar. Itu sebabnya fotografer profesional tidak pernah menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar.

Jika satu-satunya tujuan Anda adalah mengambil foto untuk dibagikan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll., maka gambar megapiksel tinggi tidak memberikan manfaat apa pun selain menghabiskan banyak ruang penyimpanan di ponsel kamu. Sebagian besar jejaring sosial ini mengecilkan dan mengoptimalkan foto kamu untuk pengiriman konten yang lebih baik, yang pada gilirannya menurunkan kualitas gambar.

Selain itu, tampilan gambar kamu tergantung pada kualitas tampilan pengguna akhir. Tidak peduli seberapa bagus kualitas gambar, jika layar ponsel pengguna akhir tidak terlalu bagus, foto kamu akan terlihat buruk.

Oppo tidak menyediakan pembaruan OS

Oppo tidak pernah memberikan pembaruan perangkat lunak apa pun ke hp mereka. Jadi, OS Android yang kamu dapatkan pada saat pembelian akan tetap sama hingga Anda membeli ponsel lain. OS Android meningkat setiap tahun dengan fungsionalitas tambahan. Jika kamu tidak dapat memperbarui OS Oppo, kamu tidak akan dapat menginstal aplikasi baru dari play store yang memerlukan versi API minimum yang lebih tinggi daripada yang tersedia di ponsel Anda beberapa tahun kemudian.

Misalnya, kamu membeli ponsel Oppo dengan Android 10 (API 29). Beberapa tahun kemudian, Android 12 (API 31) dirilis. Ponsel kau tidak akan menerima pembaruan perangkat lunak apa pun karena kamu menggunakan ponsel Oppo. Jika kamu mencoba memasang aplikasi yang memerlukan API versi 31, kamu akan gagal karena API ponsel kamu 29, lebih rendah dari yang diperlukan.

Pengisi daya cepat Oppo menurunkan baterai

Oppo membuat banyak pengisi daya cepatnya. Tapi pengisian baterai terlalu cepat akan menurunkan baterai lebih cepat. Meskipun di atas kertas, pengisian cepat itu memiliki konsekuensi jangka panjang. Untuk baterai handphone, lebih baik mengisinya perlahan. Ini melindungi mereka dari degradasi. Dari pengalaman kami, kami menemukan bahwa Oppo belum mengambil langkah apa pun untuk melindungi baterai ponselnya dari degradasi. Itu sebabnya kami bukan penggemar pengisi daya cepat mereka.

Oppo juga mengkonfirmasi bahwa pengisian cepat 40W mereka menurunkan baterai ponsel mereka hingga kapasitas 70% dalam beberapa bulan. Pada saat yang sama, pengisian daya 15W akan menurunkan kapasitas baterai ponsel mereka hingga 90%. Jadi, memiliki jumlah pengisian cepat yang sangat tinggi sama sekali tidak bermanfaat untuk ponsel Anda. Itu semua adalah taktik pemasaran.

Selain itu, hal yang paling mendasar yang sering orang-orang keluhkan adalah baterai tidak awet dan hp menjadi cepat panas.

Ponsel Oppo memiliki kinerja jangka panjang yang kurang bagus.

Ponsel baru selalu berjalan lebih cepat, berkinerja lebih baik, terlihat jelas, dan tidak memiliki masalah yang diketahui. Namun, apakah ponsel bagus atau tidak tergantung pada kinerjanya setelah beberapa tahun.

Kukurangan HP Vivo

Untuk kekurangan hp Vivo sebenarnya hampir sama dengan merk Oppo. Seperti harga jual yang telah jatuh agak jauh dan kualitas pengembangan yang kurang baik. Tetapi terdapat beberapa kelemahan lainnya yang tidak dimiliki oleh Oppo.

HP Vivo termasuk brand smartphone yang baru di Indonesia. Jadi, mungkin Vivo belum memiliki Service Center yang cukup banyak disini. Hal ini akan menyebabkan Vivo tidak memberikan pelayanan aftersales yang terbaik. Akibatnya, pengguna akan sulit menjangkau layanan seperti klaim garansi, perbaikan, dan lain sebagainya.

Untuk permasalahan OS atau sistem operasi sebenarnya tiada masalah. Tidak lembap, namun tidak ketat juga. Tetapi masalahnya adalah UI FunTouchOS hampir kelihatan seperti iOS Apple. Ini menjadikan merk Vivo tidak memiliki ciri khas. Tetapi mungkin ada beberapa pengguna yang menyukainya.

Ada beberapa masalah lainnya yang sering terjadi pada hp Vivo antara lain:

Masalah Bloatware

Bloatware adalah sekumpulan komponen perangkat lunak atau software dan atau aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak setelan pabrik. Hal ini dipandang kurang berguna dan sangat jarang sekali dipakai oleh pengguna. Aplikasi bawaan yang dimaksud di sini adalah aplikasi yang memang telah ada di hp android atau tablet sejak pertama kali kamu nyalakan smartphone. Biasanya, orang-orang akan menganggap sebuah aplikasi bawaan ini sebagai bloatware. Jika aplikasi tersebut bukanlah merupakan bagian dari “Google Apps,” yaitu sekumpulan aplikasi besutan Google yang memang wajib ada pada setiap perangkat Android. Masalah ini akan mengakibatkan internal memori hp akan terpakai sia-sia.

HP lebih cepat panas

HP vivo sering mengalami masalah dimana saat pengguna menggunakan untuk hal yang lebih berat seperti mengedit foto atau video dan bermain game. Aplikasi yang berat dan game yang beresolusi tinggi akan dengan mudah memanaskan hp dengan memuat prosesor secara berlebihan.

Sering mengalami Lag

Masalah lag bukanlah hal baru di perangkat Android karena kami telah menerima banyak laporan tentang hal yang sama di ponsel vivo juga. Penyebab masalah yang sering ini muncul ini diakibatkan oleh cache yang menumpuk pada perangkat dan sistem. Jika kamu adalah pengguna Vivo, disarankan untuk sering menghapus cache pada beberapa aplikasi agar hp yang kamu gunakan bisa awet.

Kesalahan Wi-Fi dan Bluetooth

Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat terhubung ke Wi-Fi dan Bluetooth di ponsel mereka. Kesalahan ini mungkin terjadi karena sebelum peluncurannya tidak melewati proses user testing atau kurangnya sumber daya yang mencangkup masalah-masalah tersebut.

Cover body yang berbahan plastik

Model bisa saja kelihatan elegan, tetapi ada beberapa tipe yang masih menggunakan cover berbahan plastik. Ini mungkin akan menghilangkan nilai aesthetic dari sebuah ponsel. Selain itu bahan plastik juga akan mudah terbakar jika terkena api.

Jadi, lebih bagus mana Oppo atau Vivo?

Semua ulasan diatas kami dapatkan dari berbagai sumber terpercaya di internet yang kami rangkum menjadi satu. Agar kamu tidak keliru, sekali lagi, tentukan pilihanmu dengan mempelajari panduan-panduan diatas. Belilah sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan budget. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Kategori HP